Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Daun Sirih
Sirih merupakan tanaman yang berasal dari Indonesia, tanaman ini tumbuh merambat atau bersandar pada batang lain. Budaya masyarakat Indonesia biasanya memamfaat daun sirih untuk dikunyah bersama gambir, pinang, tembakau dan kapur (namun budaya ini perlahan-lahan hilang). Ternyata sirih yang merupakan genus piper ini mempunyai banyak mamfaat terhadap kesehatan. Adapun bagian yang banyak dimamfaatkan untuk kesehatan dari sirih ini adalah daunnya. Berikut beberapa mamfaat daun sirih bagi kesehatan :

Mengobati Kanker
Daun sirih ternyata dapat digunakan untuk mengobati kanker. Caranya sangat mudah, cukup mengambil beberapa lembar daun sirih, kemudian rebus hingga airnya berkurang hingga 1/4 bagian, lalu ambil air hasil rebusan daun sirih tersebut, campurkan dengan madu. Minumlah air rebusan daun sirih ini 3 kali sehari (sebaiknya diminum dalam keadaan hangat).

Mengobati Mimisan
Pernahkah anda mengalami mimisan? mimisan adalah satu keadaan pendarahan dari hidung yang keluar melalui lubang hidung. Salah satu cara menghentikan mimisan ini adalah dengan menggunakan daun sirih. Caranya cukup dengan mengambil 1 lembar daun sirih yang agak muda, kemudian lumatkan, gulung sambil ditekan hingga keluar minyaknya. Setelah itu gunakan untuk menyumbat hidung hingga tidak keluar darah lagi.

Untuk sakit jantung
Daun sirih dapat juga digunakan sebagai obat alternatif mengatasi penyakit jantung. Caranya, cuci tiga lembar daun sirih yang bertemu kedudukan ruasnya, tiga buah bawang merah, dan empat buah biji kemukus. Kemudian tumbuk sampai halus bersama satu sendok teh jintan. Tambahkan empat sendok makan air matang. Kemudian aduk sampai rata dan saring. Minum air ramuan tersebur dua kali sehari, pagi dan sore. Lakukan secara rutin dan teratur.

Melancarkan Buang Air Kecil
Mamfaat daun sirih selanjutnya adalah dapat melancarkan buang air kecil. Ini karena daun sirih yang bersifat diuretik. Jadi jika anda mengalami penyakit susah buang air kecil, anda dapat mencoba menggunakan daun sirih untuk melancarkannya. Caranya, ambil beberapa lembar daun sirih yang kemudian di jus. Lalu jus daun sirih ini dicampurkan dengan madu dan susu, ramuan ini diminum selama 1 minggu sekali.

Untuk Mengatasi Bau Mulut
Daun sirih sangat efektif untuk mengatasi bau mulut (pengalaman pribadi admin). Ini karena daun sirih mengandung bahan alami yang mampu melawan bakteri penyebab bau mulut. Caranya cukup mudah, anda hanya berkumur dengan menggunakan rebusan daun sirih secara rutin dan teratur.

0 Response to "Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan"

Post a Comment