Manfaat Daun Pegagan Bagi Kesehatan

Daun Pegagan
Pegagan (Centella asiatica) merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh tepi jalan, ladang maupun di pematang sawah. Tanaman yang berasal dari daerah Asia tropik, yang banyak tersebar di Asia Tenggara ini merupakan tanaman yang kaya akan mamfaat untuk kesehatan. Beragamnya kandungan kimia pada daun pegagan menunjukkan bahwa daun ini memiliki mamfaat yang melimpah.

Apa saja kandungan kimia pada daun pegagan? kandungan senyawanya terdiri dari asiaticoside, isonthankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, madasiatic acid, meso-inositol, centellose,carotenoids, garam-garam mineral (kalium, natrium, magnesium, kalsium,besi,vellarine, zat samak).

Saat ini penelitian pada daun pegagan sedang merajuk pada pengaruhnya terhadap kecerdasan otak. Jika terdapat pengaruhnya signifikan yang terdapat pada daun pegagan ini, bukan tidak mungkin ekstrak daun pegagan akan diproses menjadi suplemen otak seperti pada temulawak. Berikut beberapa mamfaat daun pegagan bagi kesehatan

Meningkatkan Syaraf Memori
Daun pegagan juga dapat berfungsi sebagai tonikum untuk sel-sel dan syaraf. Dengan efek seperti itu, daun pegagan dapat digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan pada otak. Dengan mengkonsumsi daun pegagan, anda dapat menstabilkan keseimbangan mental anda dan memberi efek tenang sehingga memiliki kualitas tidur yang baik.

Mengobati Asma
Daun pegagan sangat ampuh untuk mengobati penyakit asma. Caranya ambil 2 genggam daun pegagan segar dan air secukupnya lalu ditumbuk dan diperas untuk diambil airnya. Air perasan dari daun pegagan ini diminum 1 kali sehari

Melancarkan Sirkulasi Darah
Daun pegagan ternyata dapat melancarkan sirkulasi darah. Ini karena daun pegagan mengandung flavonoid yang dapat merangsang pembentukan kolagen disekitar pembuluh darah vena. Kerapuhan kapiler juga berkurang dan dapat sirkulasi darah mikro. Jadi jika anda mengkonsumsi daun pegagan akan membantu membersihkan dan memperlancar peredaran darah.

Sebagai Penurun Panas
Jika anda menderita demam, mungkin daun pegagan salah satu solusinya. Karena daun pegagan juga dapat berfungsi sebagai penurun panas. Caranya ambil satu genggam daun pegagan yang masih segar lalu ditumbuk hingga halus. Tambahkan air kedalam daun pegagan yang sudah ditumbuk tadi, lalu ambil air perasannya. Tambahkan garam sedikit lalu minum air perasan dari daun pegagan ini tiga kali sehari (saat perut masih kosong).

Penambah Nafsu Makan
Jika anda tidak nafsu makan, mungkin dengan mengkonsumsi ramuan dari daun pegagan, akan menambah nafsu makan anda. Caranya sama seperti sebelumnya yaitu dengan cara meminum air perasan dari daun pegagan.

0 Response to "Manfaat Daun Pegagan Bagi Kesehatan"

Post a Comment