Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan

Daun Salam
Salam (Syzygium polyanthum) adalah nama pohon penghasil daun rempah yang banyak digunakan untuk bumbu masakan nusantara. Selain bisa bermamfaat untuk rempah-rempah masakan daun salam ternyata mempunyai mamfaat lain, yaitu mamfaat dalam dunia medis. Daun salam mempunyai khasiat dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit yang sudah terbukti secara klinis. Berikut beberapa mamfaat daun salam untuk kesehatan.

Menurunkan Kolesterol
Daun salam sangat efektif untuk menurunkan kolestrol. Caranya cukup mudah, hanya dengan 10 – 15 lembar daun yang masih segar, cuci sebentar kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Setelah dingin lalu saring air rebusan daun salam tersebut dan minum sekaligus di malam hari. Lakukan secara teratur agar kolesterol anda cepat sembuh.

Membantu Menurunkan Berat Tubuh
Bagi anda yang memiliki masalah berat berlebih, mungkin daun salam bisa anda coba untuk menurunkan berat badan anda. Caranya cukup menyiapkan 20 – 30 lembar daun salam, kemudian cuci sampai bersih. Lalu daun salam tersebut direbus bersama 4 gelas air. Rebus sampai air rebusan tersisa 2 gelas, angkat dan dinginkan. Minum 2 kali sehari (pagi dan malam masing-masing 1 gelas).

Kesehatan Mata
Air rebusan daun salam ternyata dapat juga dimanfaatkan untuk mengobati sakit mata dan menjaga kesehatan mata. Cara mengobatinya sangat mudah, yakni air rebusan daun salam diusapkan pada mata yang sakit secara rutin setiap hari sampai sembuh.

Menurunkan Tekanan Darah
Untuk menurunkan tekanan darah dengan daun salam. Anda cukup menyediakan 7 – 10 lembar daun yang masih segar, kemudian daun salam tersebut direbus bersama 3 gelas air. Rebus sampai air rebusan tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring kemudian minum air rebusan daun salam 2 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

Mengobati Kencing Manis
Mamfaat daun salam selanjutnya adalah untuk mengobati kencing manis. Cukup merebus 7 – 15 lembar daun salam dengan 3 gelas air, rebus sampai tersisa 1 gelas saja. Saring dan tunggu sampai dingin, air rebusan ini diminum sekaligus 1 gelas (sebaiknya sebelum makan). Air rebusan ini diminum 2 kali dalam sehari.

Mengobati Asam Urat
Asam urat merupakan penyakit persendian yang dapat menyerang siapa saja, baik remaja maupun lansia. Namun pada umumnya penyakit ini lebih banyak menyerang orang yang sudah lanjut usia. Untuk mengatasi asam urat, anda bisa menggunakan daun salam untuk mengatasinya. Manfaat daun salam untuk asam urat dapat menurunkan kadar asam urat pada sendi dan juga meringankan rasa sakit yang diderita.

0 Response to "Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan"

Post a Comment