Makanan - Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Menstruasi/Haid

Ilustrasi perempuan menstruasi
Menstruasi atau haid (datang bulang) adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Menstruasi sudah biasa bagi wanita, karena setiap bulan sekali wanita akan mengalami masa-masa ini, walaupun tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama. Nah, disaat menstruasi datang, biasanya wanita akan mengalami nyeri yang berlebihan pada bagian perut bawah, pinggang dan sekitaran punggung.

Saat periode menstruasi datang, kadang membuat wanita tidak selera makan. Sehingga seringkali mengkonsumsi makanan-makanan yang malah akan memperparah gejala-gejala yang timbul saat menstruasi. Nah, mungkin dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang admin sarankan di bawah ini bisa membantu kamu untuk mencegah gejala yang tidak menyenangkan terjadi saat menstruasi datang. Berikut beberapa makanan yang harus dikonsumsi saat menstruasi

Kacang
Kacang mengandung omega 3 dan lemak tak jenuh. Jadi dengan mengkonsumsi kacang-kacangan saat menstruasi dapat membantu meredakan gejala-gejala yang timbul saat sedang menstruasi

Biji Gandum
Selain kacang, biji gandum juga sangat bermanfaat di konsumsi saat menstruasi. Kandungan karbohidrat di dalam gandum dapat menyuplai vitamin dan mineral bagi tubuh. Serta serat pada biji gandum akan membuat keadaan tubuh jadi stabil ketika menstruasi.

Buah
Buah merupakan makanan yang kaya akan serat yang dapat membantu proses pencernaan dan menjaga kesehatan perutmu saat menstruasi. Sehingga dapat membuat perut tidak nyeri saat menstruasi.

Daging merah
Daging merah merupakan makanan yang kaya akan zat besi. Sehingga dengan mengkonsumsi daging merah akan mencegah kamu dari penyakit anemia dan gejala saat PMS. Namun jangan berlebihan dalam mengonsumsinya, karena justru tidak baik bagi kesehatan.

Sayuran Hijau
Didalam sayuran hijau banyak terkandung kandungan zat besi dan vitamin B, sehingga sangat efektif dalam menjaga siklus menstruasi agar tetap normal.

0 Response to "Makanan - Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Menstruasi/Haid"

Post a Comment