Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Menstruasi/Haid

Ilustrasi perempuan menstruasi
Menstruasi adalah perubahan fisiologis yang terjadi pada tubuh wanita secara berkala. Kadang disaat menstruasi, wanita akan mengalami gejala-gejala nyeri di bagian-bagian tertentu. Gejala-gejala ini dapat diredakan dengan pola makan. Jika sebelumnya admin sudah membahas Makanan-Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Menstruasi/Haid kali ini admin akan membahas Makanan dan Minuman Harus Dihindari Saat Menstruasi/Haid. Berikut beberapa makanan dan minuman yang harus di hindari saat menstruasi.

Gorengan
Mengkonsumsi gorengan saat menstruasi dapat memperparah gejala-gejala yang timbul saat menstruasi. Karena dalam gorengan mengandung kadar lemak yang tinggi sehingga mampu meningkatkan kadar hormon esterogen dalam tubuh,

Coklat
Kandungan kafein dalam coklat bisa membuat tenang pikiran. Sehingga banyak wanitan saat PMS atau saat menstruasi menggunakan coklat untuk penghilang rasa nyeri. Namun, jika terlalu banyak mengkonsumsi coklat akan berdampak negatif bagi kesehatan. Coklat mengandung kefein yang cukup berbahaya buat kesehatan dan kesuburan. Jika terlalu banyak mengkonsumsi coklat kemungkinan besar bisa memicu adanya gangguan kesuburan.

Makanan Panggang
Pada setiap makanan yang dipanggang terkandung lemak trans dalam jumlah yang besar, sehingga dengan mengkonsumsi makanan yang dipanggang  dapat meningkatkan kadar hormon esterogen dalam tubuh, dan menjadi salah satu penyebab timbulnya rasa sakit pada rahim.

Junk food
Mengkonsumsi Junk food selain menambah berat badan, makanan ini juga dapat memicu peningkatan kadar LDL. Tingginya kalori dan kadar garam menyebabkan berbagai kerugian untuk tubuh. Kadar kolestol tinggi pada tubuh bisa mempengaruhi kesuburan.

Makanan Kaleng dan Olahan
Taukah anda jika dalam setiap makanan kaleng, selalu terdapat kandungan sodium. Sodium adalah kandungan yang harus kamu hindari karena dapat menyebabkan retensi air, yang dapat membuat tubuh menjadi bengkak.

Kopi dan Soft Drink
Kandungan kafein yang terdapat pada kopi dan soft drink tidak baik untuk kesehatan dan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat haid. Kafein memiliki efek yang mampu menyempitkan pembuluh darah. Ketika pembuluh darah mengalami penyempitan, maka yang terjadi adalah dehidrasi. Dehidrasi yang kamu rasakan ketika periode menstruasi dapat menjadi depresi ringan yang menimbulkan sakit kepala. Selain itu, kandungan kafein yang terdapat pada kopi dan soft drink bahaya untuk kesehatan organ reproduksi dan kesuburan wanita.

0 Response to "Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Menstruasi/Haid"

Post a Comment