Event Video Game dan Komik Kini Hasilkan Miliaran Dollar


Event Video Game dan Komik seperti Comic-Con Internasional di San Diego, California, yang diselenggarakan 7 sampai 9 Juli merupakan acara besar bagi para gamer dan penggemar komik. Menurut sebuah studi oleh Eventbrite, perusahaan di industri game dan komik juga harus tahu bahwa event ini semakin menarik banyak peserta hingga menghasilkan miliaran dolar.

Ticketing global dan events company merilis sebuah studi dari 2.000 penggemar saat menjelajahi demografi dan perilaku peserta dan menghabiskan cosplayer, atau orang-orang yang berpakaian seperti karakter komik atau karakter game favorit mereka di konvensi dan acara lainnya.

Dari hasil survei yang juga menjadi bahan diskusi dalam panel “Masa Depan Pop Culture” oleh Rob Salkowitz di Comic Con tahun lalu, muncul sebuah fakta yang mencengangkan. Dalam presentasinya, Salkowitz mengatakan bahwa event atau konvensi fandom telah meledak dan berkembang dari “nerd niche to peak geek” dan memiliki dampak ekonomi hingga mencapai miliaran dolar.

Meski industri game dan komik sendiri telah memberikan dampak yang cukup besar dalam ekonomi kreatif, tentunya ini adalah angka yang sangat besar untuk ukuran industri sampingan dari kedua industri utama tersebut. Salkowitz mengatakan bahwa pelaku industri, khususnya event organizer, harus menyadari tren tersebut, terlebih para fans yang sekarang tidak hanya didominasi oleh laki-laki namun juga banyak perempuan yang turut ambil bagian dalam industri ini. Sebagai gambaran, sebanyak 48,9% responden survei adalah perempuan dan 48,7% adalah laki-laki. Dan untuk sisanya yakni sebesar 2,4% diklasifikasikan sebagai lain-lain.

0 Response to "Event Video Game dan Komik Kini Hasilkan Miliaran Dollar"

Post a Comment