Cara Mengatasi Hama dan Penyakit pada Tanaman Tomat

Gambar tomat terserang penyakit busuk daun
Hama dan Penyakit adalah musuh sejati petani, banyak tanaman yang gagal panen akibat gangguan dari hama maupu akibat di serang oleh penyakit. Pertumbuhan dan perkembangan tanaman mulai dari benih, pembibitan, pemanenan hingga proses penyimpanan tidak pernah luput dari gangguan hama, patogen, gulma ataupun faktor-faktor yang mengganggu tanaman tersebut.

Dalam postingan kali ini Yeficorp ingin berbagi informasi mengenai bagaimana cara mengatasi hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman tomat, agar kedepannya tanaman tomat anda terhindar dari hama dan penyakit dan memperoleh hasil panen yang maksimal. Berikut hama dan penyakit beserta cara mengendalikannya.

Beberapa hama dan penyakit yang sering merusak tanaman tomat, antara lain :

Hama

  • Agrotis epsilon, ulatnya merusak tanaman muda dengan cara memotong batang dan tangkai daun. Pengendaliannya dilakukan antara lain dengan pemberian insektisida berbahan aktif Dazomet
  • Heliothis armigera, menyerang buah hingga menjadi bolong kemudian busuk, Pengendaliannya menggunakan insektisida berbahan aktif Betasiflutrin, Deltametrin dan Karbosulfan.

Penyakit

  • Busuk daun yang disebabkan Phytophtora infestans, menyebabkan dan dan buah menjadi bernoda-noda hitam seperti cacar dan akhirnya menjadi kering atau busuk. Pengendaliannya dengan cara pemilihan waktu tanam yang tepat dan pemakaian fungisida dengan bahan aktif Mankozeb 0,25%-0,3% dan Kaptafol.
  • Penyakit layu oleh Fusarium oxysporium, menyerang tanaman dengan gejala tulang daun menjadi pucat, tangkai daun merunduk, layu dan tumbuh merana kemudian mati. Cara pengendaliannya dengan sterilisasi tanah persemaian, dan menanam varietas yang resisten.
  • Penyakit layu oleh bakteri Pseudomonas solanacearum. Gejalannya daun muda menjadi layu atau daun tua menjadi kuning. Gejala lebih lanjut apabila batang dipotong akan keluar cairan berwarna putih susu seperti lendir dari berkas pembuluh, sehingga penyakit ini juga disebut penyakit lendir. Pengendaliannya dengan cara pergiliran tanaman yang bukan tanaman inang bakteri dan menanam varietas yang resisten.
  • Penyakit yang disebabkan oleh virus diantaranya virus kriting dan virus mosaik. Sampai saat ini pengendaliannya dilakukan dengan cara mencabut tanaman yang terserang

0 Response to "Cara Mengatasi Hama dan Penyakit pada Tanaman Tomat"

Post a Comment