Cara Membedakan Madu Asli dengan Madu Palsu

Madu
Madu adalah cairan yang menyerupai sirup, madu lebih kental dan berasa manis. Madu dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Jika Tawon madu sudah berada dalam sarang nektar dikeluarkan dari kantung madu yang terdapat pada abdomen dan dikunyah dikerjakan bersama tawon lain, jika nektar sudah halus ditempatkan pada sel, jika sel sudah penuh akan ditutup dan terjadi fermentasi. Madu dipercaya mempunyai kandungan gizi yang tinggi sehingga tidak heran jika banyak orang meminatinya.

Namun dengan banyaknya permintaan pasar terhadap madu, sehingga membuat harganya melambung. Hal inilah yang dimamfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mengeruk keuntungan sebanyak-banyaknya dengan cara memalsukan madu. Madu ini dipalsukan dengan berbagai cara mulai dari dioplos dengan minyak goreng, air dan bahkan sampai dengan bahan kimia sekalipun yang tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan konsumen.

Berikut beberapa cara membedakan madu asli dengan madu palsu

Masukan Madu Kedalam Air
Memasukkan madu kedalam air merupakan cara yang efektif dilakukan untuk menguji keaslian madu. Madu yang asli jika di teteskan kedalam air (air putih), maka madu tersebut tidak akan bercampur dengan air dan madu tersebut akan terjatuh kedalam dasar air (tidak mengambang)

Mencampurnya Dengan Kuning Telur
Mungkin cara ini aga sedikit ribet namun cara ini di percaya ampuh untuk menentukan asli atau tidaknya madu. Caranya campurkan 2 sendok makan madu dengan kuning telur terus kocok. Jika kuning telur menggumpal atau mengkristal dan terlihat matang maka kemungkinan besar madu tersebut asli. Hal ini bisa terjadi karena madu adalah asam dan kuning telur adalah protein, jika protein dan asam bertemu maka protein akan menggumpal.

Meneteskan Madu Pada Kertas
Madu asli mempunyai kandungan air yang lebih rendah dari madu palsu, Jika madu tersebut asli maka madu tersebut tidak mudah di serap oleh kertas. Berbeda dengan madu palsu yang mudah diserap oleh kertas.

Menggunakan Korek Api
Cara ini sama tujuannya sama seperti meneteskan madu pada kertas yaitu untuk mengetes kadar air dalam madu. Madu asli memiliki kadar air lebih sedikit dari madu palsu. Dengan mencelupkan pentol korek api ke cairan madu untuk beberapa saat. Jika setelah di celupkan dan korek tersebut kita gosokkan ke kotak korek masih menyala itu mengindikasikan kalau madu tersebut asli.

Kocok Madu Dalam Botol 
Jika madu itu asli ketika di kocok dalam botol madu tersebut akan mengeluarkan busa yang banyak dan mendorong tutup botol seperti soda. Sedangkan madu palsu busanya lebih sedikit dan bahkan tidah ada sama sekali.

Semoga bermamfaat :)

0 Response to "Cara Membedakan Madu Asli dengan Madu Palsu"

Post a Comment