Fakta Unik Tentang Kucing

Kucing merupakan binatang peliharaan yang sangat menggemaskan. Oleh karena itu banyak orang yang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan maupun sahabat.

Berikut beberapa fakta unik tentang kucing yang mungkin belum anda ketahui
  1. Memiliki Banyak Ayah
    Anak-anak kucing tak mesti memiliki ayah yang sama. Itulah salah satu penyebab mengapa kucing selalu memiliki warna yang berbeda-beda. Sekitar 75% kucing yang hidup di sebuah kota lahir dengan memiliki dua ayah atau lebih. Kucing betina dapat hamil dengan kucing jantan yang berbeda dalam waktu yang bersamaan.
  2. Dapat Merasakan Gempa Bumi
    Bagian bawah kaki kucing memiliki saraf sensitif yang membuatnya jadi berperilaku aneh sebelum gempa bumi terjadi. Meskipun belum didukung dengan teori yang kuat, beberapa peneliti percaya bahwa bantalan kaki kucing dapat merasakan getaran gempa bumi.
  3. Mata Kucing
    Pada mata kucing ada lapisan pemantul cahaya yang dinamakan tapetum lucidum, yang menyebabkan mata kucing berpendar di malam hari. Lapisan pemantul ini dapat menyerap cahaya 6 kali lebih kuat daripada mata manusia, yang memungkinkan kucing untuk dapat melihat di kegelapan.
  4. Penglihatan Kucing
    Tahukah Anda jika kucing tak bisa membedakan warna dengan sempurna? Kucing ternyata hanya bisa melihat warna kuning dan biru. Jadi, apapun warna di depannya mereka anggap sebagai warna kuning dan biru.
  5. Pendengaran Kucing
    Kucing dapat mendengar saat mereka sedang tidur. Tidak seperti manusia yang tak bisa mendengar apapun saat tengah tidur dan kembali bangun saat ada suara keras membangunkan mereka, kucing selalu mendengar sepanjang waktu. Tak hanya itu, kucing ternyata dapat mendengar suara tikus dari jarak 30 meter. Fakta lainnya adalah hampir semua kucing berwarna putih itu tuli.
  6. Bisa Bermimpi
    Jika kucing berada dalam kondisi yang cukup tenang untuk tidur, maka sistem gelombang otaknya sama dengan pola manusia yang bermimpi ketika tidur.
  7. Misteri Dengkuran Kucing
    Kucing memiliki kebiasaan mendengkur terus menerus pada saat menghirup dan menghembuskan nafas dan para ilmuwan sampai saat ini belum dapat mengetahui secara pasti penyebab kucing mendengkur. Beberapa ilmuwan percaya bahwa itu berasal dari sistem kardiovaskular bukan tenggorokannya. Nada dengkuran kucing muda biasanya lebih datar sementara yang tua memiliki nada dengkuran yang lebih bervariasi. Coba perhatikan dengkuran kucing Anda.
  8. Tidak Bisa Makan Cokelat
    Sama seperti anjing, kucing akan jatuh sakit bahkan meregang nyawa ketika makan coklat. Perhatikan konsumsi makanan kucing Anda.
  9. Kumis Kucing
    Kumis kucing sangat sensitif bahkan terhadap udara sekalipun. Kumis kucing adalah indera yang paling penting di antara indera-indera lainnya, kumis kucing berfungsi untuk mendeteksi keberadaan mangsa atau musuh melalui udara
  10. Umur Kucing
    Dalam penangkaran, kucing dapat hidup selama 15 hingga 20 tahun, dimana kucing tertua pernah diketahui berusia 36 tahun! Kucing liar yang hidup di lingkungan urban modern hanya mampu hidup selama 2 tahun atau bahkan kurang dari itu.

0 Response to "Fakta Unik Tentang Kucing"

Post a Comment