Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan

Minyak Zaitun
Minyak zaitun adalah minyak yang berasal dari buah zaitun (Olea europaea). Minyak ini biasanya digunakan untuk keperluan masak-memasak. Minyak zaitun tidak hanya di gunakan untuk memasak saja melainkan dapat juga digunakan untuk keperluan kosmetik, obat herbal, sabun bahkan bahan bakar minyak. Minyak zaitun juga sangat baik untuk kesehatan, ini karena kandungan lemak tak jenuh yang tinggi yang terkandung dalam minyak zaitun.

Berikut beberapa mamfaat minyak zaitun bagi kesehatan :

Mencegah Kanker
Didalam minyak jantung juga terkandung antioksidan yang cukup tinggi, salah satu senyawa yang terkandung dalam antioksidan ini adalah hidroksitirosol. Senyawa ini sangat baik untuk membantu dalam menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh, sehingga dapat mencegah kanker serta untuk mengurangi terserang kanker.

Kesehatan Jantung
Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang sangat sehat untuk kesehatan tubuh. Ini karena dalam minyak zaitun terkandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat mengontrol kadar kolestrol di dalam tubuh. Sehingga sangat baik bagi kesehatan jantung.

Mencegah Diabetes
Minyak zaitun dapat mencegah penyakit  diabetes militus. Ini karena minyak zaitun dapat bermanfaat menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga minyak zaitun sangat baik untuk mencegah penyakit diabetes melitus.

Menyehatkan Pencernaan
Ini karena di dalam minyak zaitun terkandung senyawa yang bernama Oleuropein Aglycone yang dapat berperan dalam menjaga suplai darah ke bagian usus. Senyawa tersebut dapat mengurangi risiko kerusakan yang terjadi pada jaringan usus yang disebabkan oleh gejala iskemia atau kurangnya aliran darah dalam sel. Sehingga dengan mengonsumsi minyak zaitun dapat menyehatkan pencernaan anda

Kesehatan Tulang
Ini beradasarkan penelitian yang dilakukan di Madrid University, Spanyol. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi minyak zaitun memiliki osteocalcin yang lebih tinggi pada tubuhnya jika dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsinya. Osteocalcin adalah jenis protein yang dihasilkan oleh sel-sel yang membentuk tulang. Sehingga minyak zaitun sangat baik untuk kesehatan tulang.

Menurunkan Tekanan Darah
Didalam minyak zaitun juga terkandung polifenol dan oleic acid yang bersifat anti inflamasi yang dapat mengurangi hipertensi dan dapat menurunkan tekanan darah.

1 Response to "Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan"