Google Akan Buat Celana Jeans "Pintar"

Illustrasi celana jeans
Setelah sukses dengan berbagai produk "Pintar" seperti Kulkas, televisi dan arloji. Kini giliran celana jeans yang dilirik Google untuk dibuat "Pintar". Produk baru ini akan didukung oleh pabrikan jeans terkenal, Levi Strauss. Kedua perusahaan mengumumkan kerja samanya dalam konferensi Google I/0 2015, minggu lalu.

Seperti dikutip dari The Verge, Senin (1/6/2015)."Kami punya para jenius di ATAP yang bakal membantu mengembangkan dan mewujudkan platform ini," kata Paul Dillinger dari Levi Strauss.

Wearable device alias perangkat yang dikenakan di tubuh ini nantinya akan bisa menerima input berupa sentuhan jari ala touchpad, sehingga dipakai mengendalikan gadget lewat gestur tubuh. Kontrol playback musik di ponsel misalnya, dapat dilakukan dengan menyentuh atau menyapukan jari di atas bahan tekstil jeans.

Project Jacquard adalah nama, pengembangan jeans pintar tersebut, ini merupakan buah pikiran dari divisi Advanced Technology and Projects (ATAP) Google. Tim ATAP berencana membuat bahan jeans pintar menggunakan serat konduktif khusus yang dijahit bersama bahan tekstil biasa.

Serat-serat khusus ini nantinya bisa digunakan bersama aneka macam bahan tekstil, tak hanya terbatas untuk jeans saja. Rancangan pakaian pun bisa diserahkan sepenuhnya para para desainer. Bagian yang bisa menerima input dapat dibuat agar menonjol dari bagian lain -misalnya dengan diberi warna berbeda- atau dibuat menyatu. Bisa juga dibatasi pada area tertentu.

Meski canggih, jeans pintar nantinya dapat diperlakukan layaknya bahan tekstil biasa. "Ini bisa dicuci," ujar Emre Karagozler dari Google ATAP yang menyebut produk eksperimen bikinannya itu sebagai "tekstil interaktif". "Perlakuannya seperti kain biasa saja," lanjut dia.

Sayang, meski menarik, belum ada informasi mengenai kapan produk di atas bakal siap dikerjakan dan dipasarkan kepada publik

0 Response to "Google Akan Buat Celana Jeans "Pintar""

Post a Comment