Ini Dia, Rahasia Dibalik Umur Panjang Warga Singapura

Ilustrasi
Singapura – Tahukah anda negara dengan angka harapan hidup tertinggi di dunia ? Singapura adalah negara dengan angka harapan hidup tertinggi di dunia. Menurut WHO, negeri jiran ini masuk peringkat dua dunia untuk angka harapan hidup, disusul Andorra, Italia, Swiss, Australia dan San Marino.

Usia harapan hidup di Singapura rata-rata 83 tahun. Angka ini sangat jauh dari Indonesia yang di peringkat 110 dunia dengan angka harapan hidup 72 tahun.

‎Apa yang membuat warga Singapura berumur panjang? Dr William Wan PhD, Sekretaris Jenderal Singapore Kindness Movement menyebutkan, salah satu penyebabnya adalah Singapura sistem pelayanan kesehatan yang baik.

Namun, hal tersebut bisa jadi tidak berguna, jika masyarakat masih dihantui stres. “Kami adalah masyarakat yang sering bekerja terlalu keras, karena itu kami sangat rentan stres. Yang membuat kami rentan terserang penyakit mental,” tuturnya dalam temu media bersama Singapore International Foundation, Kamis (28/5/2015).

Karenanya, Dr Wan bersama Singapore Kindness Movement mencoba untuk membuat Singapura menjadi lebih menyenangkan. Caranya, dengan menyebarkan kekuatan senyuman di masyarakat.
Menurutnya, senyum merupakan perbuatan baik yang sangat mudah. Tidak ada alasan terlalu sibuk atau terlalu lelah hanya untuk memberikan sebuah senyuman.

“Banyak orang mengatakan mereka terlalu sibuk untuk berbuat baik, tidak punya waktu untuk bahkan menyenangkan orang lain. Kami mencoba mengubah itu dengan satu hal, yakni memberikan senyuman,” sebutnya.

Dikatakan Dr Wan, senyum merupakan rahasia warga Singapura sehat hingga tua dan panjang umur. “Senyum hanya membutuhkan kurang dari 10 otot wajah, sementara cemberut membutuhkan 47 otot. Hal ini yang membuat wajah penduduk kami terlihat lebih muda,” ujarnya.

1 Response to "Ini Dia, Rahasia Dibalik Umur Panjang Warga Singapura "

  1. Makasih informasinya,lalu saya dengar rahasia panjang umur lainnya adalah royal jelly. mau coba ?

    ReplyDelete