Gunung Api Shindake Jepang Meletus, Ratusan Orang Dievakuasi

Gunung Api Shindake Meletus
Gunung api Shindake yang terletak di pulau paling selatan Jepang, tepatnya di Pulau Kuchinoerabu-jima, meletus pada Jumat (29/05/2015). Gunung tersebut berjarak 160 km dari pusat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Kota Sendai, di selatan Pulau Kyushu.

Kepulan asap hitam membumbung tinggi serta erupsi material vulkanik dimuntahkan Gunung Shindake sejak tadi malam. Juru bicara pemerintahan Jepang sebagaimana dilansir laman Channel News Asia, mengatakan, sejauh ini belum ada ancaman terhadap penduduk. Kerusakan di sekitar pulau juga sangat minimal. Namun, peringatan keras evakuasi juga turut disebarkan.

Kepala sekretaris kabinet Yoshihide Suga juga mengatakan pemerintah telah membuat peringatan terhadap 150 penduduk di sekitar pulau tersebut. “Penduduk diminta mematuhi perintah evakuasi bila situasi memburuk,” ujarnya.

Kantor berita Jepang, NHK melaporkan bila awan panas dan runtuhan bebatuan menghujam ke laut sekitar Pulau Kuchinoerabu-jima. Adapun jalur penerbangan dikabarkan masih aman melewati lautan sisi selatan negeri Matahari Terbit.

Juru bicara pemerintah Jepang, Yoshihide Suga mengatakan sejauh ini tak dilaporkan adanya korban luka atau tewas dalam kejadian itu.

Yoshihide menambahkan, kurang dari dua jam setelah gunung meletus seluruh 137 orang penduduk Pulau Kuchinoerabu sudah dipindahkan ke pusat evakuasi untuk menunggu kapal-kapal pasukan penjaga pantai.

Badan Metorologi Jepang mengatakan asap hitam yang disemburkan gunung itu mencapai ketinggian 9.000 meter dan dibarengi gempa vulkanis selama lima menit.

Gunung ini sudah diawasi ketat sejak meletus tahun lalu. Pemerintah juga sudah menetapkan zona bahaya dengan radius dua kilometer. Namun, para pakar gunung berapi dengan cepat meningkatkan bahaya ke level lima, sehingga memicu perintah evakuasi.

0 Response to "Gunung Api Shindake Jepang Meletus, Ratusan Orang Dievakuasi"

Post a Comment