5 Batu Termahal Didunia

Memiliki koleksi bebatuan langka memang sudah menjadi gaya hidup dari jaman dahulu. Karena jumlahnya yang terbatas jadi tidak heran kalow bebatuan langka sangat mahal harganya. Berikut kami akan membahas tentang 5 batu termahal di dunia, apakah batuan di bawah ini termasuk koleksi anda ?

1. Jadeite (USD 9.300.000/Karat)
Batu yang sempat menjadi misteri selama beberapa tahun ini memiliki nilai lebih dari USD 3 juta per karat. Sehingga tidak heran bila pada tahun 1997 lalu di Hongkong terjual sebuah kalung dengan untaian batu Jadeite seharga USD 9,3 juta atau setara Rp 109,4 miliar dengan kurs saat ini. Batu jenis ini dilaporkan ditemukan di California (Amerika Serikat), Myanmar, Selandia Baru, Guatemala, Itoigawa (Jepang), Kazakhstan, Rusia, Kanada, dan Italia.

2. Red Diamonds (USD 2.500.000/Karat)
Saat ini batu berlian merah sangat sedikit di dunia. Tidak heran bila harga batu jenis ini mencapai USD 2,5 juta per karat. Salah satu perusahaan yang menjual batu intan merah ini adalah Leibish.Co.

3. Serendibite (USD 2.000.000/Karat)
Pertama kali ditemukan di Gangapitiya, Ambakotte, Sri Lanka, pada 1902. Kata Serendibite berasal dari "serendib", istilah Arab kuno untuk menyebut Sri Lanka. Batu yang ditemukan di Srilanka, harga batu ini mencapai USD 2 juta per karatnya.

4. Garnet (USD 1.500.000/Karat)
Garnet merupakan salah satu jenis batu berharga yang mengandung banyak warna, seperti: merah, oranye, kuning, hijau, dll. Harga batu ini mencapai USD 1,5 juta per karatnya. Garnet biru adalah kelompok batuan garnet yang paling langka. Biasanya spesies garnet ini dtemukan dalam warna merah, oranye, kuning, hijau, ungu, coklat, hitam, dan pink. Garnet biru ditemukan akhir 1990 di Bekily, Madagaskar. Namun, pernah juga ditemukan di Amerika, Rusia, Kenya, Tanzania, dan Turki. Beberapa jenis garnet bisa berubah warna pada siang dan malam hari.

5. Painite (USD 60.000/Karat)
Batu ini pertama kali ditemukan di Myanmar oleh peneliti Inggris dan agen permata Arthur pada 1950-an. Susunan kimiawi batuan ini mengandung kalsium, zirkonium, boron, aluminium dan oksigen. Batu ini dipercaya sebagai batu paling langka di dunia. Harga dari jenis batu ini mencapai USD 60.000 per karatnya.

0 Response to "5 Batu Termahal Didunia"

Post a Comment