Tips Mengatasi Tidur Mendengkur

Mendengkur adalah mengeluarkan suara yang nyari saat seseorang tidur tanpa ia sadari. Tidur mendengkur sangat mengganggu disaat seseorang tidur dengan teman atau pasangannya. Banyangkan, disaat anda tertidur anda mendengar suara kawan anda atau pasangan yang mendengkur sehingga anda terbangun, bagaimana  perasaan anda ?

Tidur mendengkur biasanya terjadi karena jatuhnya pangkal lidah (dibagian belakang) sehingga daerah tenggorokan tertutup. Pada orang gemuk biasanya hal ini lebih sering terjadi. Bila pangkal lidah itu jatuh, maka keluar masuknya udara menimbulkan getar yang kita dengar sebagai bunyi.

Kebiasaan mendengkur ini bisa berbahaya, bisa juga tidak. Dikatakan tidak berbahaya, karena dengkuran merupakan gangguan ringan yang bisa menimpa siapa saja. Dan dikatakan berbahaya karena kebiasaan ini bisa merusak keharmonisan hubungan suami istri.

Tips Mengatasi Tidur Mendengkur :
  1. Mengubah Posisi Tidur
    Berbaring telentang membuat pangkal lidah dan langit-langit lunak turun ke dinding belakang tenggorokan Anda, sehingga menyebabkan suara bergetar sewaktu tidur. Tidur dengan posisi menyamping dapat membantu mencegah dengkuran
  2. Tidur Dengan Kepala Lebih Tinggi
    Tidurlah dengan beberapa bantal ditumpuk. Posisi kepala yang lebih tinggi bisa mengurangi terjadinya dengkuran
  3. Jangan Konsumsi Obat-obatan
    Jangan minum alkohol, pil tidur, atau obat penenang sebeum tidur. Kesemuanya bertindak sebagai relaksan otot dan akan memicu dengkuran.
  4. Berhenti Merokok
    Merokok akan memperburuk masalah mendengkur. Merokok dapat menyumbat  pembuluh darah. Merokok juga menyebabkan kesulitan bernapas atau napas sesak.
  5. Minum Pil Anti Mendengkur
    Jika tips-tips diatas tidak mempan minum pil anti mendengkur atau spray anti mendengkur.

0 Response to "Tips Mengatasi Tidur Mendengkur"

Post a Comment