Beras Plastik Made In China Beredar di Indonesia

Jakarta – Beras palsu berbahan plastik buatan China mulai beredar di sejumlah daerah di Indonesia. Untuk sementara, bahan pangan berbahaya itu baru ditemukan dijual di kawasan Bekasi, Jawa Barat (Jabar).

Temuan ini jelas membuat khawatir masyarakat. Beras palsu ini terbuat dari kentang, ubi jalar dan limbah plastik sebagai pembungkusnya. Kemudian dibentuk persis sama dengan beras asli. Tak cuma itu, beras palsu ini ditambahkan resin saat pembuatannya. Resin sintetis ini sangat berbahaya, jika dikonsumsi karena bisa memicu kanker.

Beras palsu ini ditemukan Dewi Setiani, warga Bekasi. Dia melihat sejumlah keanehan saat memasak beras yang baru dimasaknya tersebut. “Berasnya aneh dan rasanya gak kayak nasi. Terasa kayak plastik, karena sintesisnya berasa banget,” kata Dewi, kemarin.

Saat dimasak jadi bubur, bentuknya juga aneh. Biasanya bubur akan mengental dan menyatu, tapi ini dia berbentuk buliran dan seperti belum matang. Saat dibuat nasi uduk, juga ditemukan keanehan.

“Saat dimasak beras itu malah ngeluarin banyak air. Kalau beras biasa kan meresap air, tapi ini malah ngeluarin air. Saat dimakan juga rasanya aneh, sintetisnya berasa banget kayak makan plastik,” tambah Dewi.

Diperkirakan beras ini telah beredar luas di pasaran. Pasalnya Dewi membeli beras itu di warung. Diperkirakan juga tak hanya beredar di Bekasi, tapi juga beredar di daerah lain.

0 Response to "Beras Plastik Made In China Beredar di Indonesia"

Post a Comment