Pengaruh ponsel terhadap perkembangan anak

Terlalu asyik bermain ponsel ternyata sangat berbahaya terhadap perkembangan anak, ibu-ibu yang memiliki anak berhati-hatilah jika anda terlalu berlebihan/asyik bermain ponsel karena dapat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan anak. Anda akan menghasilkan anak yang psikisnya kurang perhatian.

Sebuah studi terbaru menemukan, jika seorang ibu ingin memiliki kedekatan dengan anak-anaknya, maka ia harus menjauhkan perangkat ponsel pintar dan gadget lainnya saat makan bersama sang buah hati. Para peneliti menemukan, para ibu yang mudah terdistraksi dengan ponsel saat makan bersama memiliki kedekatan yang buruk dengan anak-anaknya.

Menurut dr jenny radesky, peneliti dan instruktur klinis di Boston, University School of Medicine, Amerika Serikat, hubungan dan kedekatan yang seharusnya dibangun antara orang tua dan anak saat makan cenderung berkurang, gara-gara perhatian sang ibu lebih terarah pada ponsel dan gadget.
Secara umum, tim peneliti yang dipimpin Radesky  menemukan bahwa penggunaan ponsel dan perangkat lainnya selama waktu makan berpengaruh terhadap 20% berkurangnya interaksi verbal antara orang tua dan anak. Selain itu, kondisi ini juga menyebabkan hilangnya interaksi nonverbal antara orang tua dan anak sebesar 30%.

Studi serupa juga dipublikasikan di jurnal academic pediatrics menemukan bahwa para ibu yang frekwensi pengguna ponselnya sangat tinggi selama waktu makan juga tidak memberikan banyak nasihat dan motivasi kepada anak-anaknya. Mengenai hal ini, para peneliti merasa tidak terkejut.

“Temuan dalam studi ini menunjukkan apa yang kami lihat adalah sebuah kebenaran. Setiap orang yang berinteraksi dan berhubungan dengan perngkat elektronik secara berlebihan akan melupakan hubungan antar manusia pada waktu yang nyata dan sebenarnya,” ujar dr Ron Marino, direktur pediatrik di winthrop University Hospital, Mineola, New York, Amerika Serikat

0 Response to "Pengaruh ponsel terhadap perkembangan anak"

Post a Comment